Senin, 15 Oktober 2012

►Tugas 2 Pertemuan 4 Oktober 2012 ◄

CI+BI (Cerdas Istimewa + Berbakat Istimewa)

  Kali ini saya akan menulis resume mata kuliah Profesi Kependidikan pertemuan 4 oktober 2012 dengan tema  CI+BI (bukan girlband lhoo) CI+BI yang dimaksud disini adalah CERDAS ISTIMEWA BERBAKAT ISTIMEWA atau istilah yang sering kita dengar adalah gifted.
  
  Gifted adalah istilah untuk orang yang memiliki kecerdasan luar biasa (diatas rata-rata),kemampuan berupa potensi yang memerlukan [engembangan dan pelatihan secara serius dam sistematis.CI+BI dipengaruhi oleh faktor genetik (IQ) dan lingkungan (kreatifitas).

 Dalam teori ini disebutkan anak CIBI/Gifted merupakan interaksi antara 3 ciri mendasar manusia yaitu:
1. Kemampuan umum/khusus di atas rata-rata (Intelektual)
Istilah kemampuan umum tercakup berbagai bidang kemampuan yang biasanya diukur oleh tes inteligensi, prestasi dan kemampuan mental primer, dan berpikir kreatif. sebagai contohnya adalah penalaran verbal dan numerikal, kemampuan spasial, kelancaran dalam memberikan ide, dan orisinalitas.
2. Komitmen terhadap tugas yang tinggi (motivasi) –> Task Commmmitment
Pengikatan diri terhadap tugas merupakan bentuk motivasi yang internal yang mendorong seseorang untuk tekun dan ulet mengerjakan tugasnya, meskipun mengalami macam-macam rintangan atau hambatan.
Komitmen terhadap tugas artinya menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawabnya, karena ia telah mengikatkan diri terhadap tugas tersebut atas kehendaknya sendiri, jadi tidak ada paksaan saat mengerjakan tugas.
3. Tingkat kreativitas yang tinggi –> Creativity
Kreativitas merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru sebagai kemampuan memberikan gagasan-gagasan baru yang dapat diterapkan dalam pemecahan masalah atau sebagai kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan baru antar unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya.



 Anak CI+BI adalah anak yang memiliki kecerdasan luar biasa, akan tetapi mereka tidak sempurna atau memiliki kekurangan, misalkan antara fisik dan emosional tidak sinkron, biasanya keadaan ini disebut disinkronitas/asinkronitas. semakin tinggi skor IQ makin tidak sinkron dengan sosial emosionalnya. Maka dari itu perlu dibangun "Task Commitment" mencakup kemampuan mengubah motivasi menjadi tindakan.
Ragam kemampuan anak CI+BI yaitu :

1.Intellectual abillities
2.Creativitas abilities
3.Sosial COmpetence
4.Musikalitas
5.Artistic abilities
6.Practical Intellegence

Ada berbagai macam cara mengaktualisasi potensi anak CI+BI yaitu:
  • Optimisme        : Keyakinan
  • Courage            : Kemampuan menghadapi kesulitan atau bahaya
  • Romace with a topic or discipline : hasrat mendalami suatu topik
  • Sensitivity to human concers : Kemampuan memahami dunia afektif orang lain
  • Physical / mental energy : energy diinvestasikan untuk mencapai tujuan 
  • Visi / sense of destiny : visi yang dimiliki akan mendorong membuat perencanaan dan mengarahkan perilaku  


Aktualisasi potensi bakat anak CI+BI diperlukan campur tangan sekolah/ madrasaha. aktualisasi point ke 6 tidak dapat dilakukakn dengan direct teaching.
  

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html